THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 20 Desember 2008

5 cara mempertahankan diet anda

Mempertahankan diet anda tidaklah muda. Godaan ada dimana-mana, di pesta-pesta, dalam perjalanan ke rumah, dan bahkan di kantor, dan semua ini dapat menghalangi tujuan terbaik anda untuk berdiet. Walaupun demikian, daripada menyerah pada setiap godaan yang anda hadapi, cobalah 5 strategi diet ini:

1. Simpan buku harian makanan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyimpan buku harian mengenai makanan yang anda konsumsi sehari-hari merupakan jalan satu-satunya yang terbaik agar anda berhasil menurunkan berat badan. Para ahli dari Kaiser Permanente Center for Health Research mengikuti lebih dari 2,000 orang yang sedang berdiet yang diminta untuk mencatat makanan berat dan cemilan mereka, dan mereka menemukan bahwa satu-satunya cara terbaik untuk meramal penurunan berat badan adalah dengan menyimpan buku harian makanan mereka. Menganalisa apa yang anda makan itu sangat penting jika anda ingin mempertahankan diet anda, dan anda bisa memulainya dari sekarang. Bahkan jika hanya untuk seminggu, catat segala sesuatu yang anda makan (mulai dari kopi dan teh di pagi hari sampai cemilan seperti popcorn di malam hari). Anda mungkin akan terheran-heran bagaimana buku harian ini merubah diet anda.

Mengapa berhasil? Karena saat anda menganalisa apa yang anda makan, kapan anda makan dan apa yang anda rasakan sebelum dan sesudah makan, anda akan memperoleh pengertian akan kekurangan dari makanan anda (seperti mengidam makanan yang manis-manis pada jam 3 sore hari atau makanan junk food sebelum tidur) dan anda akan lebih berhati-hati akan jenis makanan apa yang anda makan (yang artinya anda hanya sedikit makan apapun jenis makanan yang tersedia)

2. Belanjalah pada area tertentu saja di supermarket

Lain kali jika anda berkunjung ke toko makanan, lihatlah sekeliling anda dengan seksama. Apa yang anda lihat? Anda akan melihat makanan-makanan segar seperti buah-buahan, sayur-sayuran, susu dan daging dan lorong-lorong yang berisi makanan-makanan olahan seperti sereal, junk food dan makanan pencuci mulut. Meskipun penelitian menunjukkan orang-orang lebih banyak berbelanja produk yang berada dalam lorong-lorong, taruhan terbaik anda untuk mempertahankan diet anda adalah dengan tetap berbelanja di area makanan-makanan segar.

Mengapa berhasil? Karena dengan berbelanja di area makanan-makanan segar, anda akan memperoleh makanan yang tidak berlemak, makanan yang lebih sehat dan mengurangi sifat konsumtif anda akan makanan olahan yang biasanya tinggi dalam sodium, kalori, bahan celup, zat pewarna dan pengawet.

3. Bersihkan lemari anda

Mengkonsumsi makanan sehat berawal dari rumah. Maka dari itu, melakukan pembersihan dengan membuang makanan junk food dari lemari anda merupakan langkah pertama. Langkah kedua? Buang peralatan rumah tangga dan piring-piring yang berukuran sangat besar. Barang-barang tersebut mungkin terlihat keren, tetpi karena alat-alat ini lebih besar, anda pasti akan menambahkan porsi lebih pada piring anda and dan makan lebih dari yang seharusnya.

Mengapa berhasil? Karena dengan membersihkan rumah anda dari barang-barang yang dapat memberikan kontribusi bagi anda cara makan tak sehat, anda akan lebih mungkin dapat mengontrol diet dan pola makan anda.

4. Makan sarapan

Pentingnya makan pagi pastinya bukan tips baru, tetapi anda akan terheran-heran dengan jumlah orang-orang yang melewatkan makan pagi. Lakukan yang terbaik dari anda untuk duduk dan makan sarapan pagi yang sehat setiap hari. Dan jika anda harus memakannya di perjalanan, bawalah cemilan yang menyehatkan untuk dimakan di sepanjang perjalanan.

Mengapa berhasil? Karena dengan makan sarapan pagi, anda akan meningkatkan metabolisme anda dan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari dan juga merasa lebih kenyang dan tidak menyerah pada keinginan untuk makan cemilan.

5. Isi bagian anda dengan makanan sehat

Tahukah anda bahwa 45 persen dari para wanita yang mulai bekerja di kantor, berat badan mereka bertambah 15 pons pada tiga bulan pertama mereka? Sulit untuk mengontrol kebiasaan makan anda pada saat rekan kerja anda yang baik hati mengisi dapur kantor dengan roti atau biskuit atau kue buatan sendiri atau yang dibeli di toko roti. Dan mudah untuk hanya tinggal memakan apa saja makanan yang diletakkan di depan anda, terutama jika saatnya tepat. Karena itu, bersiaplah. Isi bagian anda dengan makanan sehat, termasuk kaleng tuna atau salmon, kraker, kacang-kacangan, roti gandum dan jika kantor anda mempunyai peti es, anda bisa mengisinya dengan makanan berprotein yang di-pak seperti keju atau potongan daging.

Mengapa berhasil? Karena mengisi bagian anda dengan makanan yang enak akan memberikan anda pilihan akan cemilan yang menyehatkan pada saat seseorang menawarkan kue atau makanan lezat lainnya. Anda juga akan merasa jauh lebih puas.

Jumat, 12 Desember 2008

10 Petunjuk menemukan kebahagiaan

Kebahagiaan itu menular.

Menurut penemuan baru-baru ini dari the Framingham Heart Study, kebahagiaan anda lebih besar tergantung pada kebahagiaan yang ada di sekeliling anda. Penelitian ini, baru-baru ini dipublikasikan di the British Medical Journal, menyimpulkan bahwa kebahagiaan itu menular dan tingkatan emosionil - seperti kebahagiaan - dapat ditransfer dari satu orang ke orang lain - secara langsung ataupun tidak langsung. Jadi, tidak hanya menemukan kebahagiaan yang akan menjadi anugerah kesehatan bagi anda, tetapi juga akan mengangkat kebahagiaan pada siapa anda berhubungan.

Petunjuk Kebahagiaan no.1 : Menanamkan rasa bersyukur.

Seperti kebahagiaan, merasa bersyukur dan lebih positif dalam kehidupan setiap hari anda dapat ditularkan - seperti menjadi negatif dan selalu mengeluh dapat menular. Dalam artikelnya yang berjudul "Five ways to cultivate an attitude of gratitude", Susie Michelle Cortright berkata, "Membantu teman anda mengembangkan sifat-sifat yang lebih positif adalah dengan meninggalkan sifat-sifat positif anda sendiri pada teman anda. Mengetahui macam apa teman-teman anda dapat membantu anda memelihara jiwa anda, dan kemukakanlah untuk menemukan beberapa macam teman-teman anda.

Petunjuk Kebahagiaan no.2 : Buang suasana hati buruk anda.

Menurut Handan T. Satiroglu, pengarang "Be Happy: Petunjuks to banish bad moods", menemukan kebahagiaan adalah perlunya waktu untuk bermain dan itu termasuk tertawa pada setiap hari anda. Ia menjelaskan, "Tertawa adalah obat yang sangat bagus dengan tanpa efek samping. Tertawa adalah obat penenang yang hebat. Di dalam semua tingkatan tawa, otak melepaskan endorphins, yaitu gabungan perasaan enak yang meningkatkan perasaan damai dan ketenangan. Tertawa bahkan menghentikan hyperventilation (pernafasan yang cepat yang menyebabkan karbondioksida pada darah menurun dan menyebabkan penurunan tekanan darah yang drastis, rasa gatal pada kaki dan tangan, dan kadang menyebabkan hilang kesadaran/pingsan), melancarkan pencernaan, tekanan darah dan meningkatkan fungsi kekebalan."

Petunjuk Kebahagiaan no.3 : Jangan berpikir anda bisa membeli kebahagiaan.

Suatu penelitian dipublikasikan di the British Medical Journal menyatakan kalau uang tidak bisa membeli kebahagiaan anda. Penelitian dari Meksiko, Ghana, Swedia, USA dan UK menunjukkan bahwa meskipun tingkat kekayaan sangat berbeda pada masing-masing negara tersebut, warganegara dari negara-negara tersebut menunjukkan tingkat kepuasan yang sama. Dan pada negara-negara yang lebih maju terlihat hampir tidak ada perubahan pada tingkat kebahagiaan orang-orang lebih dari 50 tahun terakhir, meskipun ada kenaikan yang sangat besar dalam pendapatan. Para peneliti menyimpulkan memusatkan perhatian pada keluarga dan hubungan pribadi merupakan kunci untuk mendapatkan kebahagiaan jangka panjang.

Petunjuk Kebahagiaan no. 4 : Menikahlah.

Suatu penelitian dari Cornell University menyimpulkan bahwa hubungan yang berkomitmen meningkatkan kebahagiaan. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang sudah menikah lebih bahagia, disusul oleh orang-orang yang tinggal bersama sebagai suami istri, mereka yang berada dalam hubungan yang tetap dan mereka yang berada dalam hubungan yang tidak tetap. Orang-orang yang tidak mempunyai pasangan dilaporkan memiliki tingkat kebahagiaan yang paling rendah.

Petunjuk Kebahagiaan no. 5 : Tetaplah terhubung secara emosional.

Tidaklah cukup dengan hanya bersungguh-sungguh menjalankan sebuah hubungan, anda juga harus mengangkat hubungan emosional yang kuat. Suatu penelitian di the Journal Social Forces mengemukakan bahwa ikatan emosional merupakan kunci menuju kebahagiaan perkawinan. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa para istri jauh lebih bahagia pada saat mereka merasa terhubung secara emosional dengan suami mereka. Jadi, daripada hanya mencari kebahagiaan, fokuskanlah pada cara-cara yang membawa anda dan orang yang berarti bagi anda lebih dekat.

Petunjuk Kebahagiaan no. 6 : Ajarkan anak-anak anda tentang kebahagiaan.

Dalam artikel "Five ways to raise joyful kids", para ahli kesehatan menganjurkan untuk menemukan apa yang dalam hidup ini membuat semangat anda "bernyanyi" dan bersenang-senanglah dengan hal tersebut. Anak-anak anda belajar mengenai hidup dari anda - dan dengan mengutamakan perhatian pada diri sendiri (melakukan hal-hal yang membuat anda bahagia), anda sedang mengajar mereka akan pentingnya memelihara diri kita sendiri, yang mana merupakan kunci untuk menemukan kebahagiaan. Kebahagiaan itu mudah menjalar - anak-anak akan menular kebahagiaan dari anda dan kemudian menularkannya kepada orang lain, sekarang dan pada masa dewasa mereka kelak.

Petunjuk Kebahagiaan no. 7 : Mengalah pada godaan.

Dalam kesibukan yang tidak henti-hentinya dalam hidup ini, sangatlah penting bagi anda untuk berhenti dan nikmati hal-hal yang menyenangkan. Dalam artikel "Seven secrets to happiness", pengarang Meaghan Buchan menganjurkan, "Belilah satu hari makan siang yang mahal seperti misalkan roti sandwich dari koki terkenal. Jelajahilah website daripada membalas ratusan e-mail. Atau lakukanlah spa pedikur yang mewah." Sesekali menyerah pada godaan akan menguatkan lagi harapan akan kebahagaan jangka panjang.

Petunjuk Kebahagiaan no.8 : Kurangi stres

Meskipun jelas lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, mengurangi tingkat stres anda dapat membantu anda menemukan kebahagiaan. Sarah Wassner Flynn, pengarang "Easy ways to reduce stress and boost your happiness" menganjurkan untuk menghindari stres sejauh mungkin. "Yang anda perlukan hanya sekitar 20 menit setiap hari untuk membersihkan kepala anda sepenuhnya dari semua kekhawatiran - meskipun kekhawatiran tersebut hanya sementara. Unduh iPod anda dengan lagu-lagu yang bersemangat tinggi dan pergilah berjalan cepat atau berlari," tambah Flynn.

Petunjuk Kebahagiaan no. 9 : Terima apa adanya
Persepsi anda adalah realitas. Jika anda melihat sekeliling anda dan semuanya tampak hebat tetapi anda tetap tidak bahagia dan merasa kosong, maka masalahnya terletak pada diri anda, pada bagaimana anda berpikir dan merasa akan hidup. Para ahli kesehatan menganjurkan untuk belajar menerima apa adanya, tanamkan sikap rasa bersyukur atas segalanya dan mengijinkan diri anda untuk merasa baik dan nikmati hidup anda. Kadang-kadang hanya dengan mengijinkan diri anda merasa bahagialah yang diperlukan untuk melenyapkan dan melewati keterbatasan akan semua keyakinan anda. Anda harus mengijinkan diri anda! Berbahagialah.

Petunjuk Kebahagiaan no. 10 : Letakkan rahasia kebahagiaan dalam permainan.

John Izzo PhD, pengarang "The Five Secrets You Must Discover Before You Die" mengatakan "Tidaklah cukup untuk mengetahui rahasia-rahasia kebahagiaan, kita harus tinggal di dalamnya. Seseorang pernah memberitahukan kepada saya 'Jika anda ingin tinggal dalam hidup yang bahagia, tanyakan pada orang yang sudah tinggal di dalamnya'." Rahasia-rahasia untuk memperoleh kebahagiaan:
1. Jujur pada diri sendiri
2. Jangan menyesali masa lalu.
3. Menjadi orang yang penuh cinta.
4. Nikmati setiap saat dalam hidup anda.
5. Berikan lebih dari yang anda terima.

Menemukan kebahagiaan itu semudah meletakkan rahasia-rahasia kebahagiaan ke dalam kehidupan sehari-hari - dan pikirkanlah, anda akan menemukan kebahagiaan bagi diri anda sendiri dan menularkannya kepada mereka yang ada di sekeliling anda juga.